Latest Updates

Tentang Popping dan Jigging


Tentang Popping dan Jigging


Ini adalah seni pancing yang sekarang paling diminati. Ada yang bilang popping dan jigging. Nah mari kita ulas satu persatu. Seperti biasanya kalau salah jangan marah. hahahaha.

1. JIGGING

Teknik memancing dengan cara menggenjot. Rod, Reel, dan Umpan

Rod = joran berukuran 150,165 dan 180 sudah sangat cocok dengan PE 5 sudah sangat cocok. Kalau anda Light Jigging anda paling menggunakan PE 3 sudah cukup.

Reel = Cari yang gear ratio yang tinggi karena untuk jigging mengutamakan speed atau kecepatan.

Umpan - Tenggelam, berbentuk plat disesuaikan dengan kondisi laut. Simplenya adalah jika anda pergi ke laut jig yang 100 gram naik. bisa sampai 200 gram tergantung dalam atau tidak lautnya. Jika laut tidak dalam berarti anda light jigging hanya perlu 40 gr naik. Jangan laut yang tidak dalam anda memakai jig 200 gram akan takut ikannya. hahahahah

Sering orang bertanya kenapa hanya sekeping jig ikan mau makan. Memang tidak masuk akal.
Tetapi kalau diulas berdasarkan sifat ikan laut. Biasanya ikan laut suka berkumpul di dalam satu kumpulannya dan satu jenis. Jadi jangan heran begitu anda dapat ikan itu maka yang naik akan ikan itu terus. Nah salam kumpulan ikan dia akan melihat sesuatu yang lain memasuki areanya maka dia akan memakannya. Jadi dianggap sebagai musuh sehingga dia memakannya. Jadi jangan heran sekeping jig bisa membuat ikan memakannya.

Teknik jigging sangat menguras tenaga dan sangat aktif jadi jangan malas, Genjot terus maka hasilnya akan maksimal. Ini adalah kegiatan sport yang sangat berguna terutama bagi orang yang berkolesterol tinggi karena membakar lemak. hahahahahahaha.

2. POPPING

Rod = Pakailah Rod berukuran 210 atau 240. Pakailah PE 6 keatas sudah jauh memadai. Makin panjang joran itu sangat membantu pelemparan umpannya jadi jangan anda mencari joran yang panjangnya 165 cm maka akan sulit untuk melempar jauh. Jadi popping mengutamakan pelemparan. Makin cantik teknik anda melempar ke spotnya maka hasilnya akan maksimal selain teknik akan menarik umpannya.

Reel = Reel dengan ukuran 8000 sudah cukup yang penting adalah kecepatannya yaitu gear rationya. Karena makin cepat anda menggulung talinya semakin membuat umpan popnya disukainya ikan.

Umpan = Permukaan. namanya pop kenapa dinamakan pop. karena dia menghasilkan suara di air seperti pop pop pop seperti percikan air.
Nah saya ulas kenapa sangat penting suara ini. Karena ikan akan mengganggap dia adalah makanannya karena dia berada di atas dan membuat suara bising sehingga dia akan memakannya.

Permainan pop sangat enak sewaktu melempar dan melatih kejituan kita untuk menjatuhkannya di spot yang kita mahu. Istilah kalau kita menembak kita ingin tepat di sasarannya. Pernah pergi dengan teman bukan spot yang dilempar dia tapi karang yang dilempar dia. hahahahaha.

Nah itulah sedikit pengetahuan tentang jigging dan popping kalau ada salah tolong diperbaiki.

0 Response to "Tentang Popping dan Jigging"

Posting Komentar