Latest Updates

Tentang Casting Dan Yang Berkaitan


Tentang Casting Dan Yang Berkaitan


CASTING = CAST = LEMPAR

Nah itulah yang sekarang lagi dicari orang baik jorannya dan reelnya bahkan yang lainnya.

1. Joran

Joran bait casting, sebenarnya yang membedakan hanyalah di gagang yaitu mempunyai tanduk / pistol / atau fungsinya adalah untuk meletakkan satu jari kita agak lebih terfokus dan lebih tempat melempar umpan ke spot yang kita mau. Kenapa harus menggunakan itu karena jika menggunakan joran biasa tangan dan jari kita tidak berfokus pada lemparan.

2. Reel

Reel bait casting, bentuk seperti trolling tetapi separuh besarnya dibanding trolling dan terutama adalah bisa melepaskan seluruh penahan senar dan biasanya reel tersebut mempunyai suatu tombol tekan dan jika ditekan tali akan keluar dengan sangat cepat sehingga dapat membantu kita mencapai sasaran yang kita mau dengan cepat dan tepat.

3. Umpan

biasanya menggunakan ikan palsu karena disitulah permainan ikan palsu akan nampak karena memang joran dan reel sangat membantu action dari ikan palsu itu sendiri. Jadi jangan beranggapan bahwa ikan palsu yang dibeli mahal pasti permainan cantik. Kalau anda adalah pemancing casting yaitu pelemparan maka anda akan sangat tahu bermain ikan palsu itu seakan -- akan menjadi hidup - tarik lepas sentak itulahh yang membuat ikan palsu kita menjadi hidup jadi bukan berarti ikan palsu jelek itu tidak bagus permainannya semua iitu tergantung kepada tnagan kita yang memainkannya yaitu tarik lepas dan sentak

Sedikit lagi ulasan yang mesti diingat adalah:

1. Kok reel bait casting gear rationya tinggi ya. Nah itu karena spoolnya sangat kecil jadi gear ratio yang dihasilkan juga sangat tinggi.

2. Kok reel bait casting mempunyai max drag yang besar. Nah itu karena dia mirip trolling yaitu as satu arah sehingga tarikan lebih mantap.

3. Kenapa suka orang memlilih yang sebelah kiri, Karena kebanyakan orang indonesia memegang joran di tangan kanan dan menyentak ikan di tangan kanan jadi putaran reel di sebelah kiri itulah dan sangat bertolak belakang dengan di luar negeri yang suka memegang joran di sebelah kiri dan menggulungkan di sebelah kanan. Saya jelaskan dibawah kenapa begitu berdasarkan anggapan saya ( terkecuali untuk orang kidal, harap maklum ).

Alasan kenapa mereka juga memegang joran di sebelah kiri dan menggulung di sebelah kanan.

permainan casting haruslah berirama dan lembut karena itu jika menggunakan tangan di sebelah kiri kita lebih lembut dan tidak terlalu bertenaga sehingga menghasilkan permainan ikan palsu yang lebih terkontrol. ( ini hanyalah anggapan saya )

Alasan kenapa mereka menggulung di sebelah kanan. karena katanya lebih bertenaga sewaktu fight dengan ikan jadi tidak terasa kaku. ( ini hanyalah anggapan saya )

Yang penting diingat dalam permainan casting adalah:

1. Perhatian joran kita lebih baik menggunakan ukuran 210 cm karena actionnya lebih cepat dan pelemparan bisa lebih jauh. tetapi kalau anda berada di daerah yang beratap atau halangan lainnya cukuplah anda memakai 165 atau 180 cm. karena disaat pelemparan sangat diperhiitungkan ruang dimana tempat anda berdiri.

2. Perhatikan jarak pelemparan dan jangan sewaktu anda melepaskan tali dan reel bergerak anda tidak menahannya. Pergunakan ibu jari anda untuk menahan keluarnya tali agar tidak menjadi longgar dan kacau talinya di dalam spool.
Kadang kadang untuk pemula katanya reelnya tidak bagus karena tali saya lepas semua dan kacau talinya di dalam spool. Bukan salah alatnya tetapi salah anda tidak menahannya.

3. Perhatikan gerakan anda sewaktu yang diatas saya berikan. tarik lepas sentak. Anda biasakan diri dan biasakan sewaktu gerakan mana anda terbiasa seperti memainkan irama lagu.

Tarik - lepas - sentak - tarik lepas sentak. ( Do re mi Do re mi ) atau
tarik sentak lepas tarik sentak lepas ( Do mi re do mi re ) atau
sentak lepas tarik sentak lepas tarik ( Mi re do mi re do ) atau berbagai nada lainnya yang bisa menyebabkan ikan suka pada irama anda.

Keterangan:

tarik = menggulung tarik
lepas = tidak menggulung tarik bukan artinya melepas senar
Sentak = pelahan pelahan menyentaknya bukan berarti disentak seperti strike.

Haaaaaaaaaa. Sedikit ya kalau ada yang salah saya tidak tahu dan tidak bertanggung jawab. Haaaaaaaaaaaaaaa

0 Response to "Tentang Casting Dan Yang Berkaitan"

Posting Komentar