Latest Updates

Tentang Senar dan PE


Tentang Senar dan PE


1. Benang Braided line dapat dipanggil. Benang Nylon, Tali PE, Braided bahkan sampai ada panggilan si mungil yang kuat.

2. Sejarah pembuatan Benang ini karena dulunya sering ada masalah kalau kita memakai tali senar biasanya diameter yang cukup besar sehingga spool reel tidak bisa memuat tali tersebut. Anda bisa bayangkan senar dengan diameter 0.80 mm yang hanya memiliki kekuatan 70 lbs dimuat dalam reel kita yang ukuran 8000 paling hanya 100 mtr.

3. Benang PE ini sering dipasaran menggunakan kata PE 1 PE 2 PE 3 ini berarti bahwa PE 1 = 10 lb, PE 3 = 30 lb, PE 5 = 50 lb, PE 8 = 80 lb

4. Tali PE sendiri memiliki banyak macam kualitas bahkan terjabar dalam 5 kualitas. Karena ada yang dicampur dengan bahan semacam nylon ( kita sebut itu polyster ) sehingga menyebabkan kekuatan tali tersebut berkurang.

5. Kenapa saya pernah bertengkar dengan teman. Nah itulah karena Benang PE sekarang sudah tidak ada lagi yang asli bahkan menjadi bingung.

Standard Benang PE dulunya adalah

20 lb = 0.15 mm
30 lb = 0.20 mm
40 lb = 0.25 mm
50 lb = 0.35 mm
60 lb = 0.40 mm

biasanya plus minus untuk diameter tidak terlalu jauh selisihnya.

Ini adalah kejadian sewaktu saya menanyakan teman saya lu bawa benang pe berapa. Dia menjawab bahwa dia membawa tali pe 5. Karena saya tahu bahwa pe 5 berarti 50 lb berarti sekitar 0.35 mm maka saya bawakan reel yang ukuran 6000 sehingga bisa muat sekitar 250 mtr. Ternyata sampai di kapal benang pe 5 dia berdiameter 0.50 mm sehingga saya jadi bingung. Gue bilang ini sih bukan pe 5 tapi pe 7 kali. Dia bilang waktu saya beli orang toko bilang pe 5. Waduh saya bilang. Gue tak percaya. Dan ternyata dibawa ke toko dia membelinya ternyata benar PE 5 dengan diameter 0.50 mm.


Makanya saya berbagi pengalaman bahwa sebaiknya dalam membeli benang pe jangan hanya ngomong bahwa anda ingin PE 5 tetapi lebih baik saya ingin membeli benang PE 5 dengan ukuran 0.35 mm. Maka itu jadi lebih tepat!

Begitu juga anda menanyakan bahwa reel tersebut untuk PE 5 muat berapa meter. Maka akan terjadi masalah seperti yang saya sebutkan di atas.

Karena tidak semua benang PE itu berdiameter sama sehingga akan memunculkan salah tafsir.

Inilah pengalaman saya. Bahwa Benang PE lebih baik disebut pe berapa dan diameter berapa jadi Anda tidak perlu bingung dan tidak salah dalam memilih benang untuk dimasukkan ke reel anda. Jangan berpatokan kepada PE berapa tetapi berpatokan bahwa PE berapa dan Diameter berapa.

0 Response to "Tentang Senar dan PE"

Posting Komentar